Target PAD 2019 Masih Tercapai 65 Persen

Lumajang, Motim - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lumajang tahun 2019, masih jauh dari harapan hingga saat ini. Jelang pergantian tahun, total PAD yang terkumpulkan masih di kisaran 65 persen dari target yang telah dipasang.
Sekda Lumajang Agus Triyono
Sekda Lumajang Agus Triyono
Sekretaris Daerah, Agus Triyono kepada media sempat menyebut dari catatan, hingga awal November 2019 target yang tercapai di kisaran Rp 65 miliar dari target yang dipasang sekitar Rp 100 miliar.

“Sekarang yang didapat masih sekitar Rp 65 Miliar,” katanya.

Ia menyebut, salah satu alasan PAD yang didapat masih jauh dari target adalah dari pajak pertambangan. Karena hingga saat ini masih banyak pemilik izin yang belum memenuhi kewajibannya.

“Masih banyak pajak pasir yang tertunggak pembayarannya,” ujarnya.

Sedangkan pada 2019 target PAD dari pajak pasir yang ditetapkan adalah sebesar Rp 37 miliar. Namun dari catatan, hingga Oktober, pembayaran pajak yang masuk hanya di kisaran Rp 8 miliar. Atau hanya sekitar 22 persennya saja.

Agus Triyono menegaskan, ada juga salah satu pemilik izin yang hingga saat ini masih memiliki tunggakan yang sangat besar. “Ada salah satu contoh, ada tunggakan sampai Rp 500 Juta,” ucap Agus Triyono pada wartawan. (fit)