Tenaga Non PNS Kerap Absen Tanpa Keterangan

Lumajang, Motim - Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono menegaskan, pihaknya menemukan fenomena menarik soal Tenaga Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Lumajang. Salah satunya terkait tingkat kehadiran mereka.
Jumpa Pers Sekda Lumajang Agus Triyono
Jumpa Pers Sekda Lumajang Agus Triyono
Agus menegaskan, sudah beberapa kali Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menemukan banyaknya Tenaga Non PNS yang absen tanpa keterangan. Khususnya saat senam pagi yang dilakukan tiap Jumat.

Dari beberapa kali dilakukan pemantauan di sejumlah OPD, Ia menemukan ternyata Tenaga Non PNS lebih banyak absen tanpa keterangan daripada PNS. “99 persen yang tidak hadir tanpa keterangan adalah Non PNS,” katanya pada wartawan, Selasa (5/11).

Memang Ia menyebut, jumlah Tenaga Non PNS yang dimaksud itu tidak banyak. Namun jika diprosentase, jumlahnya jauh mengalahkan dari PNS. “Justru Non PNS, memang tidak banyak,” jelasnya.

Dirinya pun menyayangkan kondisi ini. Pasalnya gaji Tenaga Non PNS sudah dinaikkan oleh Pemkab Lumajang tahun ini. “Kita sudah menaikkan gaji mereka, ada yang Rp 1,7 Juta sampai Rp 2 Juta. Minimal Rp 1,5 Juta,” pungkasnya. (fit)