Thoriq Lebih Pilih Agus Triyono jadi Sekda

Pelantikan Sekda Definitif Agus Triyono. (fit)
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang Thoriqul Haq akhirnya melantik Sekretaris Daerah (Sekda) definitif, setelah hampir setahun jabatan itu kosong. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Akhmad Taufik Hidayat yang santer dikabarkan sebagai calon kuat, ternyata kandas.

Thoriq lebih memilih Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Agus Triyono sebagai Sekda. Ini sekaligus memupuskan harapan 2 calon lainnya. Selain Akhmad Taufik Hidayat, ada Kepala Dinas Perikanan Agus Widarto.

Pelantikan Sekda fefinitif dilaksanakan Jumat (1/11/2019) di Pendopo Arya Wiraraja. Ia terpilih setelah melewati proses cukup panjang. Ada penjaringan calon yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) untuk mendapat 3 nama terbaik. Kemudian bupati berhak memilih satu diantaranya.

Sebelumnya, kekosongan Sekda definitif terjadi karena Sekda yang lama, Gawat Sudarmanto resmi mundur pada 10 Desember 2018. Kemudian untuk sementara bupati menunjuk Agus Triyono sebagai Penjabat (Pj) Sekda.

Bupati menyampaikan, lebih memilih Agus Triyono karena dianggap sudah berpengalaman di jabatan itu mengingat sudah menjadi Pj Sekda sejak 7 Januari 2019. Ini membuatnya akan lebih cepat beradaptasi. Karena tinggal meneruskan pekerjaan saja.

"Tentu tidak akan banyak perubahan, tidak perlu lagi pengenalan-pengenalan. Jadi langsung kerja. Langsung tancap gas. Langsung menyelesaikan masalah. Langsung bisa kita lakukan evaluasi-evaluasi, konsolidasi di lingkungan birokrasi," kata Thoriq pada wartawan.

Thoriq menargetkan, sebelum berganti tahun, Sekda harus bisa menyelesaikan permasalahan di birokrasi. "Saya berkeinginan sampai Desember nanti, tuntas soal penataan birokrasi. Salahsatu tugas Sekda untuk mengevaluasi kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) selama ini," ucapnya. (fit)