Toko Modern di Lumajang Bakal Dilarang Buka 24 Jam

Lumajang, Motim - Setelah dilarang tak sediakan kantong plastik, akan ada aturan baru lagi yang wajib dipatuhi toko modern di Lumajang. Aturan baru yang diwacanakan itu adalah, toko modern akan dilarang buka selama 24 jam.
Toko modern di Lumajang
Toko modern di Lumajang
“Nanti akan kita tegaskan, (toko modern) untuk tidak beroperasi 24 jam. Sampe jam 10 (malam saja) misalnya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat pada Memo Timur.

Namun untuk saat ini, Ia belum bisa menyampaikan detail alasan adanya wacana tersebut. Seperti diketahui, saat ini ada sejumlah toko modern berjejaring yang beroperasi selama 24 jam. Itupun ada di kawasan kota khususnya.

Pemkab Lumajang sendiri, sejauh ini telah membuat sejumlah aturan untuk dipatuhi toko modern. Bukan hanya melarang menyediakan kantong plastik. Toko modern juga harus bersedia menjual produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dari Lumajang.

“Mereka harus menerima produk UMKM,” jelas Taufik. Termasuk harus menggaet karyawan dari sekitar toko modern itu berdiri. “Sebisa mungkin mempekerjakan masyarakat di sekitar situ,” tegasnya.

Taufik menambahkan, saat ini pihaknya sudah tak menerima pengajuan izin baru toko berjejaring di Lumajang. Ini juga sesuai dengan kebijakan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Mengingat jumlahnya sudah sangat banyak.

“Izin baru toko modern berjejaring sudah kita stop,” ucapnya.

Sedangkan jika ada masyarakat yang hendak mendirikan toko ritel biasa dengan konsep modern tetap diperbolehkan. “Yang tidak boleh itu yang bejejaring, utamanya Indomaret dan Alfamart,” pungkas Taufik. (fit)