472 Personil Dikerahkan untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Lumajang, Motim - Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019 dilaksanakan di halaman Markas Polres Lumajang, Kamis (19/12). Ada 472 personil yang akan dikerahkan untuk pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Lumajang.
Ratusan personil dikerahkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru
Ratusan personil dikerahkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru
Dari jumlah tersebut, 275 personil diantaranya dari anggota Polres Lumajang. Kemudian sisanya, dari berbagai instansi samping. Seperti Kodim 0821, Yonif 527, Satpol PP, Dishub, Dinkes, hingga Tim SAR.

Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar menegaskan, personil akan disebar di berbagai titik. “Seperti di pusat-pusat keramaian, di gereja-gereja, kemudian di tempat-tempat wisata dan yang lainnya,” katanya pada wartawan.

Pada Malam Misa nanti, pihaknya akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja besar di Lumajang. “Sebelum mereka melaksanakan kegiatan keagamaan, untuk mengantisipasi pihak yang tak bertanggungjawab,” jelasnya.

Pihaknya juga telah mendirikan pos pengamanan di 2 titik. Kemudian ditambah 1 pos khusus untuk pelayanan terpadu. Sehingga pengamanan dan pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat Lumajang bisa lebih maksimal.

“Kita menempatkan personil di titik-titik rawan macet, rawan laka, dan rawan kriminalitas,” ujarnya.

Ia menyebut, salah satu titik yang dinilai rawan macet adalah di jalur Probolinggo-Lumajang. “Karena beberapa pasar, kita tempatkan petugas di sana. Ada juga daerah kecelakaan lalu lintas, kita antisipasi juga mungkin disebabkan faktor euforia atau kurang awas,” katanya.

Kapolres menambahkan, antisipasi yang dilakukan ini agar selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Lumajang, masyarakat bisa benar-benar merasa aman dan nyaman. “Polisi siaga untuk memberi rasa aman pada masyarakat,” ujarnya.

AKBP Adewira pun menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati. “Kepada masyarakat, agar tidak terlalu berlebihan. Lebih baik berdoa. Evaluasi dan rencanakan apa yang akan dilakukan di 2020,” pungkasnya. (fit)