Ada 172 Hektare Lahan Kopi Organik di Pasrujambe

Lumajang, Motim - Kecamatan Pasrujambe dikenal sebagai wilayah dengan potensi kopi yang besar di Lumajang. Tak sekedar dengan perkebunan kopi yang luas. Namun di sana, para petani juga masih menjaga cara penanaman secara organik.
Kopi di Lumajang
Kopi di Lumajang
Camat Pasrujambe, Iwan menjelaskan, ada 172 hektare lahan perkebunan organik di wilayahnya. “Di Pasrujambe ini yang paling banyak lahan organiknya. Ini data terakhir dari Dinas Pertanian,” katanya pada Memo Timur.

Menurutnya, inilah yang kemudian menjadi ikon di Pasrujambe atau bahkan di Lumajang. “Jadi kita punya ikon, yakni kopi organik,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya akan terus melestarikan kopi yang ada di Pasrujambe. Agar kopi di sana bisa terus berkembang dan lebih dikenal secara luas. Serta peminatnya atau pemesannya bisa banyak dari luar daerah.

Iwan menegaskan, yang terbanyak di Pasrujambe adalah kopi jenis robusta. Namun masih ada jenis lainnya juga yang ditanam oleh petani di sana. “Kita juga ada arabika dan juga kopi excelsa,” tegasnya.

Saat ini sudah banyak kopi dari Pasrujambe yang dikirim ke luar daerah. Namun masih banyak keterbatasan untuk penjualan ke luar daerah. “Untuk pasar hanya getok tular saja, namun ada juga yang sudah melayani secara online,” pungkasnya. (fit)