Ada 2.745 Pendaftar CPNS, 343 Orang Tak Lolos Administrasi

Lumajang, Motim - Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 terus berjalan. Pengumuman hasil verifikasi kelengkapan dari para pendaftar juga telah keluar. Termasuk untuk Pemerintah Kabupaten Lumajang.
ASN Pemkab Lumajang
ASN Pemkab Lumajang
Dari pengumuman yang dikeluarkan Pemkab Lumajang, nampaknya sangat banyak yang berminat menjadi CPNS. Karena terlihat, pendaftarnya mencapai 2.745 orang. Dari jumlah itu, ada 343 orang diantaranya yang dinyatakan tak lolos administrasi.

Pendaftar yang dinyatakan lolos, berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan menggunakan Sistem Computer Asissted Test (CAT). Pelaksanaannya diperkirakan pada Februari 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, yang menentukan lolos dan tidak lolosnya para pendaftar di tahap administrasi ini, bukan dari Pemkab Lumajang. Melainkan langsung dari Pemerintah Pusat.

“Itu kewenangan pusat,” katanya Kamis (19/12).

Bahkan menurutnya, semua tahapan penerimaan CPNS di Lumajang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Pemkab Lumajang, nantinya hanya sebagai fasilitator untuk sarana dan prasarana saja.

“Semuanya pusat. Mulai awal sampai akhir. Kita fasilitator untuk sarana prasarananya saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada tahun ini, total hanya ada 196 lowongan CPNS di Lumajang. Dengan rincian formasi, 59 tenaga guru dan 137 tenaga kesehatan. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018, lowongan yang dibuka mencapai 471 formasi. (fit)