Ada Keputusan Mendadak, Pilkades Sumberrejo Tetap Dilaksanakan

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sehari sebelum Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak digelar, menyampaikan pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro ditunda. Alasannya karena masih ada proses hukum, setelah salah satu bakal calon yang tak lolos menggungat Panitia Pilkades setempat di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).
Pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo Kecamatan Candipuro
Pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro
Namun kemudian ada keputusan lagi dari bupati, jika Pilkades di Desa Sumberrejo bisa tetap dilaksanakan. Hal ini terbilang mendadak, karena diputuskan Rabu (18/12), dini hari. Setelah dirinya bersama Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 datang ke Desa Sumberrejo mendengar laporan panitia dan Forkopimca Candipuro.

“Saya bersama Kapolres dan Dandim telah musyawarah dan menelaah seluruh pertimbangan. Forkopimda telah menimbang beberapa hal berkenaan dengan pertimbangan. Baik secara keberlangsungan pemerintahan maupun aspek hukum telah ditelaah dengan seksama. Saya sebagai bupati berkeputusan untuk tetap melaksanakan Pilkades di Sumberrejo,” kata bupati.

Selain dari aspek hukum, pertimbangan lain adalah soal situasi dan kondisi di sana yang dinilai sudah kondusif. Kondisi sebelumnya yang sempat memanas bisa diredam. Dan Pilkades bisa digelar.

Bupati menambahkan, keputusan melanjutkan Pilkades Sumberejo ini untuk kepentingan umum. “Kalau tidak dilaksanakan besok, akan ikut Pilkades serentak tahun berikutnya, atau beberapa waktu akan datang. Kalau ditunda, maka akan ikut Pilkades serentak 2 tahun lagi,” katanya.

Dengan begitu, konsekwensinya kata Thoriq, jika Pilkades ditunda, maka akan ada kevakuman pemerintahan definitif di Sumberrejo. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

Sebagai jaminan agar pelaksanaannya aman, Ia meminta pengamanan dipertebal dan menjadi salah satau prioritas. “Pak Dandim juga memberikan perhatian khusus pada desa sumberrejo,” ucapnya. (fit)