Angin Kencang, Belasan Rumah di Rowokangkung Rusak

Lumajang, Motim - Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang sejumlah kawasan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Akibatnya, ada belasan rumah mengalami rusak, Sabtu (14/12) sore.
Salahsatu rumah yang rusak usai tertimpa pohon
Salahsatu rumah yang rusak usai tertimpa pohon
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan ada 3 desa di Kecamatan Rowokangkong yang terdampak cuaca ekstrem tersebut. Diantaranya di Desa Dawuhan Wetan, Sumberanyar, dan Nogosari.

“Sekitar pukul 2 siang cuaca ekstrem itu terjadi. Ada hujan deras disertai angin kencang dan petir,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupeten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Minggu (15/12) pagi.

Angin kencang itu membuat pohon berukuran cukup besar tumbang di sejumlah titik. Ada diantaranya yang sampai menutupi jalan dan juga menimpa rumah warga. “Rata-rata rumah warga mengalami rusak ringan dan sedang di bagian atapnya,” lanjutnya.

Selain itu, Pondok Pesantren Darul Ulum di Dusun Klampokan, Desa Dawuhan Wetan juga ikut terdampak. Atap salah satu bangunan mengalami kerusakan. Kerugian pun ditaksir mencapai jutaan rupiah.

“Namun beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini,” pungkas Wawan.

Petugas dan relawan segera turun ke lokasi tak lama setelah peristiwa terjadi. Penanganan dilakukan untuk menyingkirkan pohon dari jalan dan rumah. Sementara warga bergotong royong membantu membenahi rumah yang rusak. (fit)