Bupati Cabut Perbup ‘I Like Lumajang’

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah mencabut Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 68 Tahun 2017 tentang Slogan “I Like Lumajang Jangan Lupa Bahagia Yes Yes Yes Lanjutkan” Sebagai Semangat Kebersamaan Membangun Lumajang.
Simbol I Like Lumajang di Alun-alun
Simbol I Like Lumajang di Alun-alun
“Sudah Saya tandatangani, dicabut,” katanya pada wartawan usai Tasyakuran Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-764 di Alun-Alun Lumajang, Minggu (15/12) pagi.

Thoriq menyampaikan, Perbup itu dicabut, karena saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang harus memilih satu identitas yang bisa mewakili seluruh potensi yang ada di Lumajang. Identitas itu sudah diputuskan, yakni ‘Lumajang Eksotik’.

“Lumajang Eksotik sudah kita launching untuk dilombakan (desain logonya). Nanti akhir tahun ini akan kita putuskan siapa pemenangnya. Sekaligus melaunching model atau desain Lumajang Eksotik dengan buku (kalender) 1 tahun event kegiatan di Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Ia memastikan, Lumajang Eksotik bisa mengekspresikan seluruh potensi yang ada. Seperti potensi pariwisata. “Lumajang memiliki potensi pariwisata, keindahannya tak tertandingi atau tak dimiliki daerah lain,” ucapnya.

Kemudian potensi pertanian, menurutnya Lumajang juga sudah memiliki keunggulan. “Kita punya produk pertanian yang sangat unggul. Hari ini ada progres untuk pertanian organik, sekarang sudah ada 50 hektare, dan kita targetkan akan terus meningkat,” jelasnya.

Bupati menambahkan, Lumajang juga terkenal dengan hasil pertanian seperti pisang. Ini yang kemudian harus kembali dikembangkan. Karena dirinya menilai, sebelumnya pisang dari Lumajang perlahan popularitasnya mulai menurun.

“Dulu (pisang) menjadi branding kita, sebagai produk Kabupaten Lumajang. Namun semakin terkikis, semakin kurang lahannya, beralih ke beberapa tanaman yang lain. Tapi hari ini, mulai tumbuh lagi. Banyak anak-anak muda yang tanam pisang,” katanya.

Selain itu, Thoriq menyebut, Lumajang juga ada banyak tradisi, budaya, dan kuliner. “Itu yang harus kita angkat. Sehingga mengekspresikan semua potensi tadi itu, kami memilih Lumajang Eksotik,” pungkasnya. (fit)