Calon Kepala OPD Lolos Seleksi Sudah Diajukan ke KASN

Lumajang, Motim - Proses seleksi calon pimpinan tinggi pratama untuk mengisi 6 kursi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lumajang yang kosong hampir rampung. Tahapan rekam jejak, uji kompetensi manajerial, dan uji kompetensi teknis telah dilaksanakan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmat Taufik Hidayat
Hasilnya dari puluhan pelamar, telah didapat 3 nama calon dengan nilai terbaik di tiap-tiap OPD yang dilamar. Panitia Seleksi juga telah mengumumkan secara terbuka, nama-nama yang lolos seleksi itu, Senin (16/12).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmat Taufik Hidayat menjelaskan, pihaknya juga sudah mengajukan nama-nama itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sudah kita kirimkan ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi,” katanya pada Memo Timur.

Ia menjelaskan, mereka yang lolos seleksi itu akan dipertimbangkan oleh KASN apakah benar-benar layak menjadi calon pimpinan. “Semua nama diserahkan, dilihat layak enggaknya, dilihat pangkatnya, pengalamannya dan lain sebagainya,” ujarnya.

Menurut Taufik, waktu KASN untuk memberikan rekomendasi itu bisa sampai 3 minggu. Namun pihaknya akan terus pro aktif komunikasi dengan KASN, agar proses itu bisa cepat selesai.

Setelah mendapat rekomendasi tersebut, selanjutnya nama-nama tersebut akan disodorkan ke bupati. Kemudian bupati berhak memilih satu nama calon untuk masing-masing OPD. “Nanti bupati milih salah satu untuk segera dilantik,” pungkasnya. (fit)