Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Bayangi Warga Lumajang

Lumajang, Motim - Cuaca ekstrem melanda Lumajang akhir-akhir ini. Hujan deras disertai angin kencang hampir terjadi secara merata. Dampaknya di banyak pohon tumbang, kemudian ada tiang listrik roboh, hingga rumah mengalami kerusakan.
Pohon tumbang saat cuaca esktrem
Pohon tumbang saat cuaca esktrem
Tak hanya itu, peristiwa ini juga memakan korban. Ada sejumlah orang yang mengalami luka-luka setelah tertimpa pohon. Ada juga yang terluka setelah tertimpa material rumahnya yang diterjang puting beliung.

Pohon tumbang menjadi yang paling membayangi warga Lumajang. Karena tiap hujan deras dan angin kencang, hampir dipastikan ada pohon yang tumbang. Sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan akhir-akhir ini.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, cuaca ekstrem ini diprediksi bakal terjadi hingga akhir Desember. Sesuai dengan ramalan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Maka dari itu masyarakat Lumajang harus waspada dan hati-hati karena hujan deras dan angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu,” katanya, Senin (9/12).

Masyarakat juga harus aktif melapor, jika di sekitarnya ada pohon yang kondisinya membahayakan. Entah itu sudah tua atau mau roboh. Agar segera ditangani oleh Dinas Lingkunga Hidup (DLH).

“Silahkan melaporkan ke DLH karena itu ranahnya DLH dan tembusan ke kita,” ujarnya.

Lanjut Wawan, jika terjadi hujan atau angin, masyarakat dihimbau tak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang penting. “Kalau tetap keluar, tentu harus lebih berhati-hati. Karena semuanya berpotensi. Tetap waspada dan siaga,” pungkasnya. (fit)