Damkar Basmi Lebah Hutan yang Serang Pemukiman

Lumajang, Motim - Kawanan lebah hutan menyerang pemukiman warga di Dusun Sumbermulyo, Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Selasa (03/12/2019), malam. Karena membahayakan, akhirnya warga melapor kepada petugas pemadam kebakaran (damkar).
Petugas damkar basmi lebah hutan yang menyerang pemukiman
Petugas damkar basmi lebah hutan yang menyerang pemukiman
Tak lama, petugas kemudian datang sekitar pukul 9 malam. Dan langsung melakukan pembasmian kawanan lebah yang menganggu ke rumah warga dan juga pengguna jalan di kawasan tersebut.

Petugas damkar melakukan penyemprotan dengan air untuk mengusir lebah itu. Sebagian lebah sudah tak sanggup terbang. Sehingga oleh warga lebah yang sudah tergeletak itu dibakar agar mati.

Komandan Regu Damkar Supriyo mengatakan, kawanan lebih hutan yang biasa disebut gung itu berasal dari sarang di salah satu pohon pinggir jalan. Sarang lebah itu pun juga ikut dibersihkan agar tidak ada lagi lebah di pohon itu.

“Sekawanan lebah itu dari atas pohon besar pinggir jalan raya yang di bawahnya terdapat rumah penduduk,” katanya.

Dari keterangan warga, sudah 5 hari belakangan ini dirinya melihat banyak lebah bersarang di pohon itu. “Karena jenis lebahnya termasuk besar yang membahayakan. Maka warga menghubungi petugas agar dilakukan penanganan segera,” ujarnya.

Proses pembasmian lebah hutan itu berlangsung selama 2 jam. Sekitar pukul 10 malam baru dipastikan sudah tidak ada lagi lebah yang berterbangan di pemukiman dan juga jalan. Namun petugas tidak segera beranjak dari lokasi.

Petugas tetap berjaga di sana, untuk mengantisipasi adanya lebah yang kembali. Namun ketika sudah dipastikan kondisi aman, petugas baru pergi dari tempat itu. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. (fit)