Dinas Ketahanan Pangan Targetkan Ada KRPL di Tiap Kecamatan

Lumajang, Motim - Dinas Ketahanan Pangan Lumajang terus mengembangkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Targetnya di tiap Kecamatan ada KRPL. Memang dibutuhkan waktu lama untuk rencana tersebut, namun pada 2023 diharapkan bisa tercapai target itu.
Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Sutan Wardono
Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Sutan Wardono
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Sutan Wardono mengatakan, saat ini pihaknya, masih akan menentukan mana kecamatan yang akan menjadi Pilot Project dari program ini. Sehingga bisa dicontoh dari kecamatan lain nantinya.

“Targetnya masing-masing kecamatan ada. Namun kita pilih mana yang jadi pilot projectnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam pilot project tersebut, setidaknya ada 300 rumah di suatu kampung yang akan dilibatkan. “Jadi bukan hanya 1 RT, tapi satu kampung atau dusun,” ungkapnya.

Namun saat ini sudah ada KRPL yang sudah mulai berjalan di beberapa desa/kelurahan. Meksipun tidak banyak rumah yang terlibat. Seperti di Desa Umbul, Kelurahan Jogoyudan, Desa Sidorejo, dan Desa Kaliboto Lor.

Lanjutnya, ada banyak manfaat yang didapat dari program ini. Diantaranya tentu menjadi ketahanan pangan keluarga. “Setiap keluarga punya bahan pangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Misal butuh cabai, tidak usah membeli tinggal mengambil,” katanya.

Dalam program ini, menurutnya tidak ada batasan luasan lahan atau pekarangan yang ada digunakan. Bahkan jika ada yang memiliki lahan di rumahnya yang sempit bisa tetap dioptimalkan.

“Jadi bisa juga buat antisipasi jika harga sayuran mahal. Misal bawang dan cabai mahal,” ungkapnya. Untuk mensukseskan program ini, pihaknya akan merangsang masyarakat dengan memberikan bantuan berupa polibeg dan bibit sayuran. (fit)