Dua Desa Siap Gelar Pilkades secara E-Voting

Lumajang, Motim - Pemilihan Kepala Desa (Pilakdes) Serentak di Kabupaten Lumajang akan digelar 18 Desember 2019. Dari 158 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, 2 desa diantaranya akan menggunakan sistem pemilihan secara elektronik alias e-voting.
Simulasi Pilkades secara e-voting
Simulasi Pilkades secara e-voting
Dua desa tersebut adalah Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro dan Desa Kebonsari, Kecamatan Yosowilangun. Desa tersebut dipilih Pemkab Lumajang, karena dinilai aman atau minim adanya gesekan antar kubu calon.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan, dua desa ini sekaligus menjadi contoh pelaksanaan Pilkades secara e-voting. Sebelum nantinya benar-benar bisa diterapkan di desa lainnya yang akan menggelar Pilkades.

Ia pun menilai, persiapan e-voting ini sudah matang. “Kami kemarin mengecek peralatannya, sistemnya, termasuk beberapa operatornya juga sudah siap,” katanya pada wartawan, usai Tasyakuran Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-764 di Alun-Alun, Minggu (15/12).

Hasil dari pelaksanaan Pilkades e-voting itu, menurut bupati, nantinya akan menjadi evaluasi kedepannya. “Kita akan lihat hasilnya seperti apa. Saya kira ini uji coba sekaligus memilih desa yang sudah siap masyarakatnya untuk melakukan e-voting,” pungkasnya. (fit)