E-Voting Pilkades di Sarikemuning dan Kebonsari Berjalan Baik

Lumajang, Motim - Ada dua desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistem elektronik alias e-voting dalam Pilkades Serentak Lumajang 2019, Rabu (18/12). Yakni Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro dan Desa Kebonsari, Kecamatan Yosowilangun.
Wabup meninjau Pilkades Sarikemuning yang menggunakan e-voting
Wabup meninjau Pilkades Sarikemuning yang menggunakan e-voting
Dari pantuan, pelaksanaan Pilkades secara e-voting di dua desa tersebut bisa dinilai berjalan dengan baik. Dua desa itu sekaligus menjadi uji coba e-voting. Sebelum sistem ini bisa diterapkan di desa lainnya yang akan menggelar Pilkades mendatang.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati, Indah Amperawati berbagi tugas meninjau langsung di dua desa yang menggelar Pilkades secara e-voting itu. Mereka memeriksa perangkat yang digunakan untuk pelaksanaan e-voting. Untuk memastikan prosesnya berjalan denga baik.

Setelah meninjau di Desa Kebonsari, menurut bupati pelaksanaanya sudah baik. “Pada prinsipnya, pelaksanaan e-voting di Kebonsari bagus. Ini akan menjadi evaluasi bagi kami untuk diterapkan pada Pilkades selanjutnya atau pada pemilihan lainnya, karena lebih efektif dan akurat,” ujarnya.

Indah yang meninjau di Desa Sarikemuning, juga menilai pelaksanaan e-voting di desa tersebut berjalan dengan baik. Dengan begitu Ia berharap kedepannya ketika melaksanakan pilkades serentak semuanya dapat menggunakan teknologi tersebut.

Sementara, Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Saifuddin menjelaskan, e-voting merupakan sistem pemilihan yang dinilai lebih maju. “Kalau memang hasilnya positif dan jauh lebih baik dari manual, tentu akan kita pertimbangkan untuk diterapkan pada Pilkades selanjutnya,” tuturnya. (fit)