Jelang Pilkades Serentak, Simulasi Pencoblosan Dilakukan

Lumajang, Motim - Tidak lama lagi Kabupaten Lumajang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 18 Desember 2019. Pada hari itu ada 158 desa melaksanakan Pilkades.
Simulasi Pilkades di Kantor DPMD Lumajang
Simulasi Pilkades di Kantor DPMD Lumajang
Untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam proses pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), simulasi pun dilakukan. Simulasi digelar di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Jumat (6/12) pagi.

Simulasi tersebut dihadiri para Panitia Pemilihan (Panlih) Desa dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). “Simulasi ini sebagai proses pembelajaran. Kita berikan pembelajaran sedetail mungkin,” kata Plt Kepala DMPD Syamsul Arifin.

Dalam simulasi, diperagakan tahapan demi tahapan di hari pencoblosan. Termasuk apa yang harus dilakukan panitia mulai sebelum waktu pencoblosan hingga penghitungan suara.

"Itu sudah kita kasih gambaran," kata Syamsul yang juga sebagai Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Tingkat Kabupaten.

Lanjutnya, tahapan pra pencoblosan harus sudah selesai sebelum jam 8 pagi. Misalnya pembukaan atau sambutan dari panitia, pengambilan sumpah pembantu panitia dan saksi, hingga pembukaan kotak suara.

“Karena waktu pencoblosan harus sudah dimulai pukul 8 pagi dan selesai pukul 2 siang,” ujarnya.

Ia menambahkan, semua aturan dalam proses pencoblosan ini sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup). Sehingga acuannya hanya dari Perbup saja. Tidak boleh keluar dari aturan tersebut. (fit)