Pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo Ditunda

Lumajang, Motim - Sebanyak 158 desa di Kabupaten Lumajang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak, Rabu (17/12). Namun, dari jumlah tersebut, ada satu desa diantaranya yang harus ditunda pelaksanaannya oleh Pemkab Lumajang.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq
Bupati Lumajang Thoriqul Haq
Pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro harus ditunda dulu, karena saat ini masih ada proses hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Ada gugatan dari salah satu bakal calon kepada Panitia Pilkades.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun membenarkan adanya penundaan Pilkades di Desa Sumberrjo tersebut. “Ditunda dulu,” katanya pada sejumlah wartawan usai Apel Pengamanan Pilkades Serentak di Alun-Alun Lumajang, Selasa (17/12).

Ketika ditanya, sampai kapan penundaan ini, bupati tidak bisa memastikan. Karena tentu harus menunggu sidang selesai dan ada hasil putusan dari PTUN. “Sampai nanti ada keputusan inkrah dari pengadilan,” lanjutnya.

Namun meski ditunda pelaksanaannya, bupati tetap meminta kepada personil keamanan yang sudah ditugaskan di sana untuk tetap melakukan pengamanan. Sebagai antisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti diketahui, bakal calon Kades Sumberrejo yang juga petahana, Bowo Prayitno tidak diloloskan oleh Panitia Pilkades setempat. Alasannya, dirinya terlambat mengumpulkan berkas pendaftaran ke panitia. Bowo yang tak terima dengan keputusan panitia akhirnya menggugat panitia ke PTUN. (cho/fit)