Persoalan DPT Masih Dinilai Rawan dalam Pilkades

Lumajang, Motim - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Lumajang 2019 akan segera digelar pada 18 Desember. Semua desa yang menyelenggarakan Pilkades, diharap sudah beres soal Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Simulasi Pilkades Serentak di Kantor DPMD Lumajang
Simulasi Pilkades Serentak di Kantor DPMD Lumajang
Karena hal itu masih dinilai rawan karena bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya perseteruan warga dengan Panitia Pilkades. Jika DPT sudah beres, maka potensi adanya komplain dari warga bisa dapat diminimalisir.

“Kadang DPT ini sudah ditetapkan, disepakati, tapi masih ada yang komplain lagi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Syamsul Arifin.

Lanjutnya, DPT di tiap desa ditetapkan berdasarkan kesepakatan Panitia Pilkades dengan semua calon. Jadi, jika ada penambahan dalam DPT, tentu juga harus ada kesepakatan lagi antara panitia dan calon.

“Penambahan mungkin bisa jika ada kesepakatan calon degan panitia,” ucap Syamsul yang juga sebagai Sekretaris Pilkades Serentak Tingkat Kabupaten tersebut.

Ia menambahkan, masyarakat juga bisa aktif bertanya ke desa masing-masing apakah sudah terdaftar di DPT. Kemudian Ketua RT/RW juga harus bisa peka terhadap warganya. Harus dipastikan, yang memiliki hak pilih, sudah terdaftar di DPT. (fit)