Pilkades Serentak, 12 Desa Dinilai Sangat Rawan Konflik

Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 158 desa, Rabu (18/12/2019). Saat ini personil gabungan sudah diterjunkan untuk melakukan pengamanan. Demi mengantisipasi adanya konflik.
Peta pengamanan Pilkades Serentak Lumajang 2019
Peta pengamanan Pilkades Serentak Lumajang 2019
Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar menyampaikan, pihaknya telah melakukan identifikasi di semua desa. Hasilnya ada 12 desa yang dikategorikan sangat rawan, 121 desa kategori rawan, dan sisanya masuk kategori aman.

Namun kapolres enggan menyebut, mana desa yang dianggap sangat rawan tersebut. “Di masing-masing kecamatan ada. Baik sangat rawan, rawan, atau aman,” katanya usai Apel Pengamanan Pilkades Serentak di Alun-Alun Lumajang, Selasa (17/12).

Lanjutnya, ada ribuan personel gabungan yang akan mengamankan pelaksanaan Pilkades Serentak. Termasuk bantuan personil dari Brimob Polda Jawa Timur. “Ada Detasemen Brimob 200 personil, kita tempatkan di 6 rayon. Khusus di Kecamatan Randuagung ada 1 pelton karena situasi di sana,” ungkapnya.

AKBP Adewira Negara Siregar pun mengajak semua masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pilkades. Agar Lumajang tetap kondusif. “Pada dasarnya Pilkades untuk memilih pemimpin desa, untuk membangun desa itu sendiri. Jadi bukan kompetisi, menang terhormat, kalah bermartabat,” jelasnya.

Meski masyarakat ikut membantu menjaga keamanan, namun kapolres melarang mereka membawa senjata tajam. “Yang bawa sajam langsung kita sita. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (fit)