Pilkades Serentak, Tak Ada Libur bagi ASN

Lumajang, Motim - Lumajang akan menggelar pesta demokrasi, Rabu (18/12). Sebanyak 158 desa akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Meski begitu, tak ada libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Plt Kepala BKD memimpin Upacara di Pemkab Lumajang
Plt Kepala BKD memimpin Upacara di Pemkab Lumajang
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, terkait Pilkades Serentak, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran bagi ASN yang sudah ditandatangani Sekretaris Daerah, Agus Triyono.

“Jadi pada hari Rabu (18/12), bukan hari libur bagi ASN. Jadi tetap masuk dan melaksanakan tugas sesuai dengan tanggungjawab masing-masing,” ungkapnya pada Memo Timur.

Namun bagi ASN yang memiliki hak pilih, mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Mereka bisa datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desanya dan waktunya tinggal menyesuaikan dengan tugas kedinasan masing-masing.

“Bagi ASN yang akan menggunakan hak pilihnya agar menyesuaikan dengan tugas kedinasan,” jelasnya.

Kecuali, kata Taufik, bagi ASN yang menjadi Panitia Pilkades. Mereka bisa libur, namun harus mengajukan dispensasi kepada masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Yang memiliki hak cuti tahunan dapat menggunakan cutinya,” pungkasnya. (fit)