Polres Lumajang : 1.600 Personil Amankan Pilkades

Lumajang, Motim - Untuk mengamankan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 158 desa di Kabupaten Lumajang, Polres Lumajang akan menerjunkan sedikitnya 1.600 personil yang terdiri dari 600 Personil Polres Lumajang, selebihnya adalah personil Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari beberapa Polres di Jawa Timur seperti Polres Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan juga Malang.
Paur Subbag Humas Polres Lumajang Iptu Catur Budi Bhaskara
Paur Subbag Humas Polres Lumajang Iptu Catur Budi Bhaskara
Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K MSi, melalui Paur Subbag Humas, Iptu Catur Budi Bhaskara menuturkan, personil pengamanan Pilkades serentak tersebut mulai akan didistribusikan ke 158 pada H-2 menjelang pesta demokrasi Pilkades dimulai.

"Minimal 2 hari menjelang Pilkades, seluruh personil sudah siaga di lokasi sesuai dengan tugasnya,” ucapanya.

Catur juga menyampaikan jika pihaknya mendapat bantuan tenaga pengamanan dari personil TNI, Sat Pol PP juga Linmas yang jumlahnya hampir sama dengan jumlah petugas dari kepolisian.

Bantuan petugas pengamanan ini nanti akan bergabung dengan petugas dari kepolisian untuk bersama-sama melakukan pengamanan saat Pilkades berlangsung.

“Dengan pengamanan maksimal ini, berharap pesta demokrasi Pilkades bisa berlangsung aman lancar dan kondusif,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah ada desa yang dianggap rawan terjadi komflik dengan tegas Catur mengatakan ada beberapa desa yang terletak di Lumajang bagian utara.

“Ada beberapa desa yang dianggap rawan dan sistem pengamanannya dipertebal. Saat ini masih dipertajam oleh Intelijen,” ungkapnya lagi.

Dalam sisa waktu yang ada ini, pihaknya terus melakukan patroli dengan skala besar ke 158 desa yang akan menggelar Pilkades secara bergantian selain untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat supaya tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab juga untuk memastikan situasi setiap desa tetap aman dan kondusif.

“Jika melihat respon masyarakat dan pengamanan yang maksimal ini, kami percaya Pilkades serentak di 158 desa ini berjalan aman lancar dan kondusif,” pungkas Catur. (cho)