Proses Seleksi Pimpinan 6 OPD Ditarget Selesai Akhir Desember

Lumajang, Motim - Proses seleksi Pimpinan Tinggi Pratama untuk mengisi 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berlangsung. Ditargetkan, akhir Desember 2019, semua proses itu bisa selesai dan segera dilakukan pelantikan.
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
“Kita targetkan akhir Desember ini sudah dapat rekom dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Syukur-syukur akhir Desember bisa dilantik. Kalau enggak, ya Januari 2019,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat, Selasa (3/12).

Saat ini prosesnya sampai pada tahap Seleksi Kompetensi Teknis. Tahapan itu akan dilaksanakan dalam 2 hari, pada 5-6 Desember mendatang di Kantor BKD Lumajang. “Nanti ada tes wawancara dan presentasi makalah,” ujar Taufik saat dihubungi Memo Timur.

Menurutnya, semua tahapan uji komptensi bagi peserta akan dilaksanakan di Lumajang dari awal hingga akhir. “Kalau di luar kota nanti cost-nya bisa lebih besar. Jadi dilakukan di Lumajang saja,” ujarnya.

Terkait penguji, BKD sudah berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur. BKD sudah meminta penguji dari BPSDM untuk ke Lumajang. Namun karena ada banyak jadwal dan keterbatasan penguji di sana, akhirnya pengujinya dari pihak rekanan yang ditunjuk oleh BPSDM.

“Karena tenaganya terbatas, di waktu yang sama ada permintaan ujian juga dari daerah lainnya, ada diklat, dan lainnya sehingga mereka menunjuk rekanan yang terbiasa, bersertifikat atau berstandar,” ucap Taufik. (fit)