Proyek Pasar Hewan Rugikan Negara Rp 541 Juta

Mantan Kadis Pasar Dieksekusi

Lumajang, Motim - Salah satu pejabat Pemkab Lumajang, Yos Sudarso telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Lumajang, Kamis (19/12). Asisten Perekonomian dan Pembangunan itu diduga terlibat dalam korupsi salah satu proyek pemerintah. Dirinya pun langsung ditahan di hari itu juga.
Yos Sudarso saat dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Lumajang
Yos Sudarso saat dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Lumajang
Yos ditetapkan tersangka dalam kasus proyek rehabilitasi Pasar Hewan di Keluruhan Jogotrunan, Kecamatan Lumajang tahun anggaran 2016. Saat itu dirinya masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pasar Lumajang.

Selain Yos Sudarso, Kejaksaan juga menetapkan satu tersangka lain. Yakni direktur dari CV San Ken, Tri Yani Rahayu sebagai pihak rekanan proyek tersebut. Keduanya kemudian ditahan dan dibawa ke Kejaksaan Tinggi Surabaya.

Pihak Kejaksaan menyebut, hasil penyidikan ditemukan kerugian negara mencapai Rp. 541 juta. Karena diketahui ada sejumlah item proyek yang tidak dikerjakan. “Terdapat beberapa item yang tidak dikerjakan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Lumajang, Muhammad Kandi.

Selain itu, kerugian negara ditemukan, karena ada pembangunan yang tidak sesuai. Anggaran rehabilitasi Pasar Hewan itu sendiri mencapai Rp. 3,1 miliar dari APBD Lumajang dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Lumajang, Lilik Dwy Prasetio SH menambahkan, dalam kasus ini pihaknya sudah mengumpulkan 5 alat bukti. “Kita sudah memeriksa beberapa saksi. Kita sudah menemukan juga seperti surat dan dokumen pendukung lainnya,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya telah memberikan kesempatan pada tersangka untuk melakukan pengembalian atas kerugian negara tersebut. “Tapi di sini masih belum dikembalikan, mau tidak mau ya kita proses,” ungkapnya.

Lanjutnya, memang masih ada kemungkinan tersangka lainnya. Dengan melihat pengembangan selanjutnya. “Nanti kita lihat, jika ada pengembangan, kita kembangkan. Kita lihat juga fakta di persidangan,” pungkasnya. (cho/fit)