Puting Beliung Terjang Labruk Lor, Belasan Rumah Rusak

Lumajang, Motim - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Lumajang, Sabtu (7/12) sore. Tepatnya di kawasan Desa Labruk Lor, Kecamatan Lumajang. Akibatnya ada belasan rumah yang rusak.
Salahsatu rumah yang terdampak puting beliung
Salahsatu rumah yang terdampak puting beliung
Cuaca ekstrem sendiri mulai melanda Lumajang sekitar pukul 14.45 WIB. Hujan deras disertai angin kencang hampir merata di Lumajang. Sedangkan puting beliung melanda Desa Labruk Lor sekitar 15.00 WIB.

“Banyak atap rumah warga yang terhempas angin puting beliung,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Dari laporan BPBD, ada 17 rumah milik warga yang terdampak. Sebanyak 7 rumah atapnya rusak berat. Sementara 10 rumah lainnya, atapnya terhitung rusak sedang. “Korban yang rumahnya mengalami rusak berat sudah diungsikan,” ujar Wawan.

Dalam peristiwa ini, ada satu korban yang mengalami luka ringan. Ainun Farida (31) terluka di bagian kepala setelah tertimpa genteng. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit. “Sudah dirujuk dan penanganan medis di RSUD Lumajang dan biaya pengobatan gratis,” pungkas Wawan.

Selain di Desa Labruk Lor, cuaca ekstrem juga membuat pohon bertumbangan di sejumlah titik lain. Tak hanya pohon, ada tiang listrik yang roboh. (fit)