Ratusan Personel Brimob Bantu Pengamanan Pilkades Serentak

Lumajang, Motim - Apel Pengamanan Pilkades Serentak digelar di Alun-Alun Lumajang, Selasa (17/12). Ada 3.555 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Linmas. Mereka disebar ke 158 desa yang menyelenggarakan Pilkades.
Personil gabungan untuk pengamanan Pilkades Serentak
Personil gabungan untuk pengamanan Pilkades Serentak
Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar menjelaskan, dari jumlah personel yang akan dikerahkan, ada bantuan 200 personel dari Brimob Polda Jawa Timur untuk membantu pengamanan.

“Dari Detasmen Brimob 200 personel kita tempatkan di 6 rayon. Khusus Kecamatan Randuagung ada 1 pelton khusus karena situasi di sana,” ungkapnya.

Ia menegaskan, semua personil wajib memberikan pengamanan yang luar biasa. “Apabila Pilkades ini aman, maka pembangunan di Lumajang juga akan maju. Kita yang terlibat dalam operasi ini harus memahami,” ujarnya.

AKBP Adewira Negara Siregar meminta semua personil agar bisa melakukan antisipasi keamanan sedini mungkin. Caranya dengan banyak mengumpulkan informasi di masing-masing desa.

“Setiap potensi kerawanan yang dianggap bisa mengganggu harus kita eliminer dengan tegas dan terukur,” ungkapnya.

Namun dirinya menghimbau agar personil juga menghormati warga setempat. Dengan menjaga sikap sebaik mungkin. “Hormati adat istiadat di daerah itu. Jangan permalukan instansi. Jangan dinilai dengan hal-hal yang tidak patut dilakukan,” pungkasnya. (fit)