Rumah Penerima PKH akan Ditulisi ‘Keluarga Miskin’

Lumajang, Motim - Semua rumah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lumajang akan dilabeli dengan tulisan Keluarga Miskin atau Keluarga Kurang Mampu. Label itu akan ditulis di tembok depan rumah menggunakan cat semprot.
Ujicoba labelisasi rumah penerima bantuan PKH
Ujicoba labelisasi rumah penerima bantuan PKH
Kepala Dinas Sosial Lumajang, Dewi Susiyanti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk program labelisasi tersebut. Dalam waktu dekat program itu akan segera terealisasi.

"Sehingga akhir tahun ini bisa terlaksana," ucapnya, Senin (9/12). Sebelumnya sudah ada uji coba atau contoh yang dilakukan oleh Pendamping PKH di Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh.

Bahkan kata dia, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq akan ikut turun tangan, melakukan pelabelan di rumah warga penerima PKH. Sekaligus sebagai penanda program labelisasi mulai dilaksanakan serentak di Lumajang.

Lanjutnya, jika rencana ini tidak mengganggu persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019, maka akan dilaksanakan menyeluruh minggu-minggu ini. Jika dinilai menganggu, maka didahulukan yang di kelurahan dulu.

"Yang di desa-desa akan dilaksanakan setelah Pilkades Serentak," ucapnya.

Dewi menjelaskan, kenapa program labelisasi ini dilaksanakan, menurutnya sudah ada himbauan dari pusat. Diantaranya agar memastikan penerima PKH adalah benar-benar dari keluarga miskin.

"Jika keluarga itu sudah merasa mampu tentu tidak ingin disemprot (dilabeli)," ungkapnya. Karena selama ini, rumah mereka hanya ditandai dengan stiker kecil. Sedangkan kali ini akan diberi label besar.

Ia menambahkan, jika ada warga mampu yang menerima bantuan PKH juga akan terlihat. Sehingga warga di sekitarnya juga akan mengetahui hal itu. "Masyarakat sekitar bisa menilai, kaya kok dapat bantuan," tambah Dewi.

Dengan adanya program ini, dirinya juga berharap akan lebih banyak lagi warga yang sudah mampu mengundurkan diri. "Agar masyarakat yang mampu merasa malu sehingga mengundurkan diri dengan sendirinya," pungkasnya. (fit)