Sudah Ditetapkan, 4 Calon Kades Pilih Mundur

Lumajang, Motim - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Lumajang 2019 akan digelar tidak lama lagi. Pesta demokrasi itu akan dilaksanakan pada 18 Desember mendatang. Semua pihak terus melakukan persiapan demi suksesnya Pilkades di 158 desa.


Penetapan para calon kades serta pengambilan nomor urut di masing-masing desa sudah dilaksanakan. Namun ada sejumlah calon kades yang memilih mundur setelah dilakukan penetapan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Syamsul Arifin melaporkan, telah ada 4 calon kades di 2 desa yang telah resmi mengundurkan diri.

“Dua calon kades di Desa Gedang Mas, Kecamatan Randuagung dan 2 calon kades di Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir,” kata Syamsul yang juga sebagai Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Tingkat Kabupaten.

Menurutnya, hal itu diperbolehkan. Dengan syarat mereka membuat surat pernyataan terkait kemundurannya. Namun Ia tidak mengetahui secara pasti alasan kenapa mereka mundur dari pencalonan itu.

“Kalau alasan kami kurang paham,” ungkapnya pada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, dengan mundurnya mereka tentu surat suara yang sudah terlanjur tercetak tidak akan diubah. Karena tidak mungkin melakukan cetak ulang. Sehingga nama mereka tetap ada di surat suara.

Bahkan kata Syamsul, jika ada pemilik suara yang mencoblos calon yang sudah mundur itu, akan tetap dihitung sebagai suara sah. Namun jika mereka memperoleh suara terbanyak, secara otomatis dinyatakan gugur.

“Kalau sudah tercetak dan dia jadi pemenang jadi tidak sah. Otomatis pemenangnya suara terbanyak di bawahnya,” ungkapnya. (fit)