Target Ada 50 Ribu Hektare Lahan Padi Organik di Lumajang

Lahan pertanian di Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Lumajang memiliki potensi pertanian yang besar. Ke depan pemerintah akan lebih mengoptimalkan pertanian organik. Karena saat ini lahan organik masih sangat minim. Khususnya lahan padi organik.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyebut, saat ini hanya ada 41 hektare lahan padi organik. Menurutnya luasan itu tentu sangatlah kurang. Sehingga perlu ada perluasan lahan padi organik yang signifikan.

Thoriq menargetkan, tahun depan ada 50 ribu hektare yang dipersiapkan untuk menjadi lahan padi organik. Ketika itu benar-benar terealisasi tentu luasan bisa bertambah. Karena pemilik lahan lainnya bisa mencontoh.

"Namun perlu ada intervensi agar sawah di sekitarnya bisa ikut organik," kata bupati saat jumpa pers di Gedung Panti PKK, Senin (2/12).

Intervensi lainnya, kata bupati, adalah memberikan kepastian kepada petani jika padi organik akan dibeli oleh pemerintah melalui Perusahaan Daerah Semeru. "Ini intervensi dari pemerintah, pasti dibeli PD Semeru," ujarnya.

Thoriq menegaskan, kenapa pihaknya akan mengembangkan padi organik, selain manfaatnya dari segi kesehatan, adalah pangsa pasar yang masih terbuka besar. Karena belum banyak produksi padi organik saat ini.

"Pasar padi organik belum banyak pesaingnya. Memang pesaingnya ada, tapi belum ketat," pungkasnya. (fit)