TNBTS Mulai Berlakukan Tiket Masuk

Lumajang, Motim - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mulai memberlakukan tiket masuk ke kawasan TNBTS. Masyarakat yang akan menuju Ranu Regulo di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro dari arah Lumajang, harus bayar tiket di Pos TNBTS di Ireng-ireng.
Bupati mendatangi TNBTS
Bupati mendatangi TNBTS
Hal ini kemudian memunculkan pro dan kontra. Karena sebelumnya tidak ada penarikan di kawasan tersebut. Kecuali bagi para pendaki gunung yang sekarang sudah menggunakan sistem online.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah mendatangi pihak TNBTS untuk meminta keterangan lebih lanjut terkait ini. Hasilnya, ternyata penarikan tiket tersebut khusus wisatawan yang akan menuju ke obyek wisata Gunung Bromo dan Ranu Regulo.

“Saya sudah berbincang dengan teman-teman TNBTS, penarikan tiket yang ada di Pos Ireng-ireng adalah tiket yang berlaku bagi pengunjung yang mau ke Gunung Bromo dan Ranu Regulo,” ujarnya.

Jadi bagi masyarakat yang hanya melintas atau tidak akan ke Gunung Bromo dan Ranu Regulo, maka tidak akan dikenakan tiket. “Jadi, nanti masyarakat bisa langsung menyampaikan ke pihak petugas, terkait keperluan melalui jalur TNBTS,” tuturnya.

Lanjutnya, pos di pintu masuk kawasan TNBTS ini berfungsi untuk memantau kawasan TNBTS dan sekitarnya agar tetap terjaga kelestarian alamnya. Sekaligus berfungsi untuk memantau kejadian darurat yang terjadi di sekitar hutan, sehingga dapat segera tertangani. (fit)