158 Kades Dilantik, Keamanan Desa Harus Jadi Prioritas

Lumajang, Motim - Sebanyak 158 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dilantik di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (8/1). Setelah dilantik, mereka pun diingatkan beberapa hal oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Salah satunya tentang keamanan di desa masing-masing.
Pelantikan Kepala Desa di Pendopo Arya Wiraraja
Pelantikan Kepala Desa di Pendopo Arya Wiraraja
Bupati ingin soal kemanan desa menjadi salah satu prioritas dari kepala desa. “Saya dan Bunda (Indah) titip untuk menjaga kondusifitas di desa yang akan menjadikan desa untuk membangun kepada seluruh masyarakat yang ada di desa,” kata bupati.

Salah satu cara untuk menjaga kemanan desa adalah dengan mengaktifkan Satgas Kemanan Desa (SKD). “Terutama keamanan desa, laksanakan Satgas Keamanan Desanya,” lanjutnya.

Namun masalah keamanan desa bukan hanya tanggungjawab dari kepala desa. Dirinya bersama dengan Kapolres juga akan ikut berpatroli di desa-desa. Hal ini sekaligus untuk mengetahui mana desa yang benar-benar aktif untuk menjaga keamanan desa.

Ia menambahkan, tugas kepala desa adalah mendekati dan mengayomi masyarakat di desanya masing masing. “Laksanakan hak wewenang dan kewajiban kepala desa dengan penuh amanah,” ujar dia.

Thoriq juga meminta agar kades bisa kompak dengan semua elemen yang ada di desa. “Tetap kompak dalam memaksimalkan ketentraman desa dan segenap elemen di desa seperti BPD, LKMD, RT, dan RW. Termasuk dengan Babinsa dan Babinkamtibmas di desanya,” ujarnya. (fit)