Antisipasi Banjir Bisa Dilakukan dengan Membersihkan Lingkungan

Lumajang, Motim - Hampir setiap hari hujan mengguyur kawasan Lumajang. Ada sejumlah titik di Lumajang yang masih dinilai rawan banjir. Utamanya banjir genangan. Namun antisipasi banjir bisa dilakukan cengan cara membersihkan lingkungan.
Daerah di Lumajang yang rawan banjir
Daerah di Lumajang yang rawan banjir
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati pun mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Serta mengingatkan ASN untuk mengajak masyarakat lebih aktif melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.

“Ajak masyarakat untuk kerja bakti, untuk membersihkan lingkungan masing-masing, tidak membuang sampah sembarangan yang menjadi salah satu penyebab banjir,” ujar wabup Senin (6/1)

Seperti diketahui, di Lumajang ada 3 kecamatan yang rawan banjir. Diantaranya Jatiroto, Rowokangkung dan Yosowilangun. Ketiga kecamatan tersebut dilewati oleh sungai-sungai besar. Sehingga, jika intensitas hujan tinggi maka sangat berpotensi banjir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sempat dilakukan peninjauan ke Bendungan Jatiroto beberapa waktu yang lalu. Pembangunan tangkis juga dilakukan di beberapa titik untuk menahan derasnya aliran sungai.

“Mari kita berdoa semoga di tahun ini, tidak terjadi lagi banjir,” pungkasnya. (fit)