Antisipasi! Pohon yang Rawan Tumbang Ditebang

Lumajang, Motim - Sebagai upaya antisipasi, pohon yang dinilai rawan tumbang langsung ditebang. Personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dibantu dari jajaran lain melakukan penebangan pohon tersebut, Kamis (9/1).
Pemotongan pohon rawan tumbang
Pemotongan pohon rawan tumbang
Pemotongan ini dilakukan juga berdasarkan adanya laporan dari masyarakat. Khawatir membahayakan, petugas langsung datang ke lokasi dan memotong pohon tersebut. Seperti diketahui hujan deras disertai angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu di Lumajang akhir ini yang bisa menumbangkan pohon tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, salah satu pohon rawan tumbang yang telah ditebang adalah di pinggir Jalan Dusun Bedok II Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh. Pohon tersebut sebenarnya berada di jalan nasional dan menjadi wewenang dari Bina Marga.

“Pohon jenis Flamboyan berdiameter 80 sentimer milik Bina Marga Nasional yang sudah lapuk dan dapat membahayakan pengguna jalan, sehingga perlu di lakukannya pemotongan dan pembersihan pohon,” katanya.

Ia menegaskan, pemotongan harus segera dilakukan karena pohon itu rawan tumbang saat cuaca ekstrem saat ini. “Mengingat saat ini telah memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang, Yuli Harismawati menyampaikan, pihaknya juga mengantisipasi adanya pohon tumbang di Lumajang. Pohon yang rawan tumbang di sejumlah titik dilakukan pemotongan atau pembersihan ranting dan dahan.

“Sebagai antisipasi, karena banyak pohon yang rimbun dan juga membayakan,” katanya. (fit)