Baznas Akan Optimalkan Perolehan Zakat dari ASN

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang akan lebih mengoptimalkan pengumpulan zakat dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di 2020. Baznas pun sudah menggelar rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal di Pendopo, Rabu (29/1/2020).
Rapat Kerja Baznas Lumajang
Rapat Kerja Baznas Lumajang
Sebelum bicara rencana kerja di tahun ini. Baznas lebih dulu menyampaikan hasil pengolahan zakat di tahun sebelumnya. “Sudah kita sampaikan hasil perolehan dan penyaluran zakat pada tahun 2019,” kata Ketua Bazanas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi.

Pada tahun ini, pihaknya berusaha ada peningkatan zakat profesi khususnya dari kalangan ASN. Pasalnya, pada tahun lalu, jumlah zakat yang terkumpul belum optimal. Atau jauh dari potensi yang ada.

“Tahun lalu, kalau dari segi potensi masih belum optimal. Jauh dari potensi,” ungkap Atok.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan bekerja lebih ekstra lagi. Koordinasi dengan pihak terkait akan terus dilakukan. “Kita terus berusaha untuk meningkatkan pendapatan Baznas. Dengan melakukan koordinasi dan sebagainya,” ujarnnya.

Bahkan kata dia, Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga telah memerintah semua Kepala OPD agar mengoptimalkan pengumpulan zakat ASN. “Kepala OPD harus berani menuntaskan perolehan zakat 2,5 persen itu. Instruksi bupati akan diimplementasikan di setiap OPD,” pungkasnya. (fit)