Berbulan-bulan Kekurangan, Lumajang Dapat 10 Ribu Blangko E-KTP

Lumajang, Motim - Stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang sempat kekurangan pada 2019. Banyak masyarakat yang mengurus E-KTP akhirnya harus menunggu berbulan-bulan.
Dispendukcapil Lumajang mendapat 10 ribu blangko E-KTP
Dispendukcapil Lumajang mendapat 10 ribu blangko E-KTP
Namun di awal 2020 ini, Lumajang mendapat jatah yang cukup banyak dari pemerintah pusat. Sebanyak 10 ribu keping blangko E-KTP akan diterima oleh Dispendukcapil.

“Alhamdulillah saya baru mendapatkan laporan, bahwa blangko E-KTP telah tersedia 10 ribu keping,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Rabu (15/1/2020).

Dengan adanya stok blangko yang cukup banyak ini, maka E-KTP yang belum tercetak bisa segera dicetak. Selama ini, banyak masyarakat yang mengurus E-KTP hanya dapat Surat Keterangan (Suket).

Thoriq menegaskan, mulai 20 Januari 2020 masyarakat yang masih memegang Suket bisa mengurus ke kantor kecamatan agar bisa diganti dengan E-KTP. “Bisa datang ke masing-masing kecamatan di bagian pelayanan kependudukan,” jelasnya.

Ia juga akan terus memantau untuk memastikan adanya tambahan blangko E-KTP ini, pelayanan lebih maksimal. “Saya akan memantau langsung sekaligus keliling ke beberapa kecamatan untuk memastikan proses cetak E-KTP berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dispendukcapil Lumajang, Agus Warsito Utomo sebelumnya menyampaikan, pada 2019 jatah blangko E-KTP memang terbatas. Hal ini bukan hanya di Lumajang saja, namun juga di daerah lainnya.

“Kabupaten atau kota di seluruh Indonesia hanya diberi 500 keping per bulan,” ucapnya.

Jumlah tersebut tentu tidak seimbang dengan jumlah warga yang mengurus E-KTP di Dispendukcapil. Sehingga proses mencetaknya antre sesuai waktu pengajuan.

Agus Warsito menjelaskan, E-KTP yang harus dicetak sebenarnya mencapai 1.800 per minggu. “Sementara blangko hanya diberi 500 per bulan. Sehingga ada sekitar 1.300 yang menunggu antrian setiap minggunya,” jelasnya. (fit)