Bus Pariwisata Vs Truck trailer, 23 Penumpang Cidera

Lumajang, Motim - Kurang waspada saat menyalip kendaraan yang berjalan di depan, sebuah bus pariwisata rombongan bidan dari Dinas Kesehatan pemerintah Kabupaten Lumajang bertabrakan dengan truck tronton yang melaju dari arah berlawanan.
Kondisi penumpang saat dirawat di RSUD
Kondisi penumpang saat dirawat di RSUD
Akibat tabrakan yang terjadi di jalan raya Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, pada Sabtu (11/1), sekira pukul 14.30 WIB, 23 penumpang mengalami cidera ringan. Sebagian korban sudah pulang ke rumahnya masing-masing sebagian pula masih pemulihan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haryoto.

23 penumpang yang cidera antara lain M. Dimas Syarifudin (26), asal Desa Denok, Kecamatan Kota, Mustakim (28), asal Jalan Iptu Jama'ari, Kelurahan Jogotrunan, Kecamatan Kota Lumajang, M. Fajar Sodik (24), asal Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Erni Eryuni (44), asal Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe, Kenik Suwandari (55), asal Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh.

Tatik Purwanti (46), asal Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Rita Setyowati (50), asal Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Enggar Dwi Supadmi (54), asal Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Suyatmi (45), asal Desa Merakan, Kecamatan Padang, Mujainfah (47), asal Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh.

Sri Hidayati ( 43), asal Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe, Dwi Asih (45), asal Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Mimin Andriyanti Ningsih (50), asal Desa/ Kecamatan Rowokangkung, Yati Hidayati (51), Qorrotul Ain (43), keduanya asal Desa Jatisati, Kecamatan Tempeh, Sri Herlina (50) dan Reta Hela Safitri (26), keduanya asal Desa Pajarakan, Kecamatan Randuagung, Dyah Sulistina (47), asal Desa Kalisemut, Kecamatan Padang.

Iswati (53), asal Desa/ Kecamatan Senduro, Nurul Azizah (44), asal jalan Panjaitan Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Kota Lumajang, Dwi Soejanti (48), asal Desa Munder, Kecamatan Yosowilangun dan Retno Andriyani (47), asal Desa/ Kecamatan Rowokangkung.

“23 penumpang ini hanya cidera ringan ada luka lecet dan robek pada kaki tangan dan anggota tubuh lainnya,” tutur Kanit Laka Lantas Polres Lumajang, Iptu Joko Tryono melalui penyidik unit laka, Bripka Usman.

Lanjut penyidik, kecelakaan itu terjadi berawal saat bus pariwisata Nopol N 7229 UQ yang dikemudikan oleh M. Dimas Syarifudin yang membawa rombongan bidan itu berjalan dari utara ke selatan berusaha mendahului kendaraan yang berjalan di depannya.

Naas, saat bus menyalip dari arah berlawanan melaju truck trailer Nopol N 8276 UQ yang dikemudikan Abas Durano Abasri (39), asal Desa Kanigaran, Kecamatan Probolinggo. Jarak keduanya berdekatan dan terjadilah tabrakan.

Alhamdulillah, unit laka lantas diback up personil Sat Sabhara juga Polsek Ranuyoso juga warga dalam waktu cepat berhasil mengevakuasi seluruh korban ke Puskesmas Ranuyoso juga ke Rumah Sakit Umum Daerah dr.Haryoto, termasuk bangkai kendaraan berhasil dipindah ke tepi jalan, sehingga arus lalu lintas Lumajang menuju Surabaya maupun sebaliknya yang semula terganggu kembali normal dan lancar.

“Bangkai bus pariwisata dan truck trailer sudah diamankan di depan Sat Lantas Polres Lumajang. Sopir masih belum bisa dimintai keterangan,” tegasnya.(cho)