Dinas Ketahanan Pangan Kembangkan KRPL di Eks Lokalisasi Dolog

Lumajang, Motim - Dinas Ketahanan Pangan Lumajang akan mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Eks Lokalisasi Dolog Desa/Kecamatan Sumbersuko. Dalam mengembangan KRPL di sana, juga akan melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.
Bimbingan kepada warga di eks lokalisasi Dolog
Bimbingan kepada warga di eks lokalisasi Dolog
“Termasuk dari PKK, Dinas Pertanian, dan ke depan juga Dinas Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UMKM,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono, Jumat (24/1).

Sebagai langkah awal untuk menjalankan program ini, pihaknya telah membentuk kelompok warga di sana. Dinas Ketahanan Pangan kemudian memberikan bimbingan kepada warga di sana secara berkala.

“Tahap awal kita membentuk kelompok dulu. Kita tumbuh kembangkan dinamika kelompoknya. Baru nanti program ini masuk ke sana,” ucapnya.

Lanjutnya, Dinas Ketahanan Pangan akan fokus memberikan bimbingan terkait tanaman sebagai cadangan pangan. Kemudian dari Dinas Perikanan terkait pemeliharaan ikan untuk kebutuhan keluarga dan juga penambahan gizi.

“Dari Dinas Pertanian terkait buah-buahan. Dari pertemuan awal, akan dikembangkan tumbuhan anggur,” katanya.

Setelah kelompok tersebut siap, nantinya akan diberikan bantuan sarana dan prasarana kepada mereka serta pendampingan terus dilakukan. “Ada bantuan seperti bibit tanaman dan ternak,” ujar Sutan.

Saat ini pihaknya fokus di RT 3 dan RT 4 Dusun Suko 2. Di sana ada sekitar 40 kepala keluarga yang siap mengikuti program ini. Jika di sana berhasil, baru ke tempat lainnya. “Nanti kita kembangkan secara bergilir,” ungkap dia.

Kenapa dipilih di tempat itu, Sutan menambahkan, karena pihaknya melihat ada banyak pekarangan milik warga yang kosong dan tidak digunakan. “Di sana banyak pekarangan yang tidak dimanfaatkan,” pungkasnya. (fit)