Dinas Pertanian Pastikan Pendistribusian Pupuk di Beberapa Wilayah Lancar

Lumajang, Motim - Ada laporan jika di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang, para petani kesusahan mencari pupuk bersubsidi. Nampaknya kelangkaan itu terjadi, karena pendistribusiannya masih belum menyeluruh.
Bupati Lumajang dan Dinas Pertanian menemui para distributor pupuk
Bupati Lumajang dan Dinas Pertanian menemui para distributor pupuk
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman menyampaikan, saat ini pendistribusian pupuk subsidi di beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang sudah lancar. Namun ada juga yang masih belum terdistribusi.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak distributor dan kelompok tani agar pupuk bisa cepat tersalurkan dan tepat sasaran di semua wilayah. Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Dinas Pertanian sudah menemui para distributor pupuk untuk membahas hal ini.

“Dari hasil audiensi tadi, bupati telah memerintahkan kepada kami agar petani wajib memenuhi ERDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) dan bupati akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian RI terkait langkah-langkah kebijakan yang akan dilaksanakan Pemkab Lumajang,” jelasnya.

Kelangkaan pupuk di sejumlah wilayah itu juga mendapat perhatian bupati. Thoriq akan melakukan upaya, agar pupuk subsidi bisa mudah didapatkan di seluruh wilayah Lumajang. Agar semua petani bisa tetap produktif.

“Semoga segera terselesaikan soal pupuk bersubsidi ini agar bisa terdistribusikan ke semua petani di Lumajang,” kata bupati saat menemui para distributor pupuk di Pendopo Arya Wiraraja, Minggu (19/1).

Bupati menjelaskan, kelompok tani yang ada di Lumajang harus mematuhi aturan yang ada di ERDKK. Dalam ketentuan itu, petani akan mendapatkan pupuk subsidi sesuai dengan luas tanah yang dimiliki. (fit)