Hujan Deras, Antisipasi Banjir di Daerah Rawan Dilakukan

Lumajang, Motim - Hujan deras hampir setiap hari mengguyur Lumajang. Untuk itu Pemkab Lumajang melakukan antisipasi terjadinya banjir di daerah yang rawan banjir. Seperti di Kecamatan Jatiroto, Rowokangung, dan Yosowilangun.
Peninjauan dam dan tangkis Sungai Jatiroto
Peninjauan dam dan tangkis Sungai Jatiroto
Sejumlah bendungan dan tangkis pun ditinjau, untuk memastikan jika kondisinya baik-baik saja. Serta dipastikan berfungsi dengan baik saat hujan deras terjadi. Diantaranya di Dam dan Tangkis Sungai Jatiroto.

“Ada beberapa wilayah yang sudah menjadi langganan banjir saat musim hujan. Jadi, saat intensitas hujan tinggi seperti ini akan menjadi perhatian kami sebagai antisipasi terjadinya banjir, dan mudah-mudahan tidak terjadi banjir,” ujar Wakil Bupati Indah Amperawati.

Indah menyampaikan, pemerintah akan terus mengupayakan untuk meminimalisir dampak kemungkinan yang akan terjadi melalui pengoptimalan pembangunan tangkis sungai, untuk menahan derasnya aliran sungai yang meluap akibat hujan deras.

“Mudah-mudahan kita bisa meminimalisir sekecil mungkin, terutama yang banyak terjadi di beberapa titik wilayah kecamatan Rowokngkung,” katanya.

Ia menambahkan, hingga saat ini pemerintah telah melakukan perbaikan tangkis di sekitar wilayah Genitri, Kecamatan Rowokangkung. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi banjir yang sudah beberapa tahun terakhir terjadi di wilayah tersebut. (fit)