Hujan Deras, Padi Milik Petani Banyak yang Roboh

Lumajang, Motim - Hujan deras hampir setiap hari melanda kawasan Lumajang. Hal ini berdampak pada tanaman padi milik petani di Lumajang. Bahkan tak sedikit petani terancam gagal panen, karena padinya rusak setelah diterjang hujan.
Salahsatu lahan padi setelah diterjang hujan deras
Salahsatu lahan padi setelah diterjang hujan deras
Seperti di daerah Kecamatan Sukodono misalnya. Terpantau banyak padi yang sudah mulai menguning roboh setelah diterjang hujan angin. Bahkan ada lahan yang kerusakannya, sampai 70 persen.

Salah satu petani menyampaikan, padi yang Ia tanam sebenarnya akan dipanen sekitar seminggu lagi. Namun karena sudah roboh, Ia hanya bisa pasrah. Saat ini Ia pun hanya membiarkan saja, sampai tiba masa panen.

“Ya nanti tetap akan dipanen,” ungkap Asmina.

Namun menurutnya, tentu untuk harga jual nanti akan turun dari harga normal. Karena jelas, kualitas padinya tak sebagus sebelumnya. “Sudah jelas akan rugi, karena banyak yang rusak,” ungkapnya.

Sementara petani lainnya mengaku, padi miliknya banyak roboh pas sehari sebelum akan dipanen. Ia pun juga bisa pasrah, karena hujan memang begitu deras. “Mau gimana lagi, harganya juga pasti murah,” ucap Kardi. (fit)