ISPA Penyakit Nomor Satu di Lumajang

Lumajang, Motim - Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjadi penyakit nomor satu di Lumajang. Pasalnya sepanjang 2019, dibandingkan penyakit lainnya, jumlah penderita ISPA tercatat di urutan teratas.
RSUD dr. Haryoto Lumajang
RSUD dr. Haryoto Lumajang
Dari data Dinas Kesehatan Lumajang, selain ISPA, penyakit lainnya yang paling banyak menyerang warga adalah Mialgia/Nyeri Otot, Gangguan Saluran Pencernaan, Hipertensi, Penyakit Kulit, dan juga Diabetes.

“DBD (Demam Berdarah Dengue) tidak termasuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius kepada media.

Namun Ia belum bisa menyampaikan berapa jumlah penderita ISPA atau penyakit tertinggi lainnya sepanjang 2019.

Menurutnya, kenapa ISPA paling tinggi, karena penyakit tersebut memang mudah menyebar di udara bebas. “Karena virusnya menular melalui udara bebas. Misal di rumah ada yang kena, bisa kena semuanya,” ucapnya.

Selain itu, kondisi cuaca juga mempengaruhi penyebaran penyakit ini. Saat musim hujan, ISPA rawan menyerang warga. “Dipengaruhi musim, seperi di cuaca hujan,” ucapnya.

Sebagai bentuk antisipasi, Ia mengingatkan warga untuk menguatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. “Olahraga juga dan istirahat yang cukup,” tambahnya.

Ciri-ciri orang yang terkena ISPA diantaranya demam yang tinggi, batuk pilek, sakit tenggorokan. “Kalau anak-anak bisa sampai diare,” pungkasnya. (fit)