Potensi Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Lebih Waspada

Lumajang, Motim - Potensi cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di wilayah Jawa Timur, termasuk di Lumajang. Hujan deras disertai angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu masyarakat harus lebih waspada.
Dampak cuaca ekstrem di Lumajang
Dampak cuaca ekstrem di Lumajang
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyampaikan, sesuai dengan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Juanda Surabaya, diperkiarakan cuaca ekstrem ini akan terjadi dalam sepekan ke depan di wilayah Jawa Timur.

“Termasuk di Lumajang,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Minggu (5/1).

Untuk itu masyarakat diminta lebih waspada dan berhati-hati. Dikhawatirkan adanya dampak bencana alam yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut. “Seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang,” ucapnya.

Lanjutnya, masyarakat juga diminta untuk bisa melaporkan potensi atau kejadian bencana alam di sekitarnya. Sehingga petugas bisa dengan cepat terjun ke lokasi untuk melakukan antisipasi maupun penanganan. (fit)