Rumah Bagus Penerima PKH Dilabeli ‘Keluarga Miskin’

Lumajang, Motim - Labelisasi rumah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dilakukan secara menyuluruh di Lumajang. Rumah penerima PKH ditandai dengan tulisan ‘Keluarga Miskin’ menggunakan cat semprot. Sehingga terlihat mana saja rumah penerima bantuan ini.
Rumah bagus penerima PKH ditandai ‘Keluarga Miskin’
Rumah bagus penerima PKH ditandai ‘Keluarga Miskin’
Dari labelisasi yang dilakukan sejauh ini, terlihat ada keluarga yang nampaknya mampu namun tetap menerima bantuan tersebut. Hal itu terlihat dari bangunan rumahnya yang bagus dan jauh dari kata miskin.

Seperti labelisasi yang dilakukan oleh petugas di Desa/Kecamatan Jatiroto. Ada sejumlah rumah yang terlihat bagus yang akhirnya harus ditandai dengan ‘Keluarga Miskin’ karena terdata menerima bantuan PKH.

Bahkan sejumlah foto labelisasi di rumah bagus yang dibagikan akun facebook Kim Gendhis–Desa Jatiroto itu juga mendapat banyak sorotan dari warganet. Nampak jajaran Forkopimca Jatiroto juga terlibat dalam pelaksanaan labelisasi secara simbolis.

Koordinator PKH Lumajang, Akbar Alamin, saat dikonfirmas Memo Timur juga membenarkan adanya labelisasi di sejumlah rumah bagus di Desa/Kecamatan Jatiroto itu.

Kepala Dinas Sosial Dewi Susiyani, sebelumnya menyampaikan, melalui labelisasi ini, diharapkan keluarga yang sudah mampu, mengundurkan diri sebagai penerima PKH.

“Karena selama ini ada banyak yang bilang sasarannya tidak tepat. Ini sekalian menyadarkan masyarakat, kalau dia sudah mampu maka bantuan itu dialihkan ke warga lain yang memang harusnya menerima,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan yang dikatakan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, labelisasi ini bukan hanya semata-mata untuk menandai rumah warga miskin. Namun juga agar warga di sekitarnya tahu, mana keluarga miskin yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Seperti kata bupati, labelisasi ini, bukan untuk men-judge (menghakimi) orang itu miskin, tapi agar masyarakat sekitar tahu, yang butuh bantuan yang ini loh. Karena kita inginnya tepat sasarannya,” ujarnya. (fit)