Sempat Erupsi, Status Semeru Tetap Level II

Lumajang, Motim - Gunung Semeru sempat mengalami erupsi. Dilaporkan, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini erupsi sebanyak 2 kali pada Jumat (17/2). Letusan pertama terjadi pukul 05.53 WIB dan letusan kedua terjadi pukul 17.22 WIB.
Gunung Semeru
Gunung Semeru
Meski begitu status Semeru masih tetap berada di Level II atau Waspada. Sementara dari laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, periode pengamatan 18 Januari 2020, terlihat Gunung Api Semeru sangat jelas.

PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Semeru menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif.

Kepala Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan bahwa status Gunung Api Semeru dengan status level II masih relatif aman.

Pihaknya pun berharap agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing informasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Ya nanti saya harap masyarakat tetap tenang, tetap waspada dan jangan percaya informasi yang bukan dari pemerintah, tunggu informasi yang valid dari pemerintah,” katanya. (fit)