Target Pengumpulan Zakat di 2019 Tercapai

Lumajang, Motim - Pengumpulan zakat yang dilakukan oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) di Lumajang pada 2019 berjalan dengan maksimal. Jumlah zakat, infaq, dan shodaqoh yang terkumpul mencapai target.
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi
Seperti diketahui, Baznas telah memasang target sebesar Rp 5 miliar. Jumlah yang tercapai ternyata lebih dari itu. Yakni sebesar Rp 5,1 miliar.

Baznas Lumajang melaporkan, dari jumlah dana yang terkumpul itu diantaranya dari zakat mall Rp 4,4 miliar. Kemudian infaq dan shodaqoh Rp 489 juta, zakat fitrah Rp 1,3 juta, dana bagi hasil Rp 46 juta, dan hibah Rp 155 juta.

“Jadi terbanyak dari zakat mall sebesar 86,56 persen,” kata Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanuni, Selasa (14/1).

Lanjutnya, dana yang terkumpul kemudian disalurkan kepada masyarakat melalui sejumlah progam yang dimiliki Baznas. Diantaranya Lumajang Peduli, Lumajang Sehat, Lumajang Makmur, Lumajang Cerdas, Lumajang Taqwa, dan Amil.

“Paling banyak untuk Lumajang Peduli sebesar Rp 1,9 miliar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, target ini berhasil dicapai berkat upaya keras yang dilakukan Baznas. Sehingga banyak masyarakat yang percaya untuk membayar zakat, infaq, dan shodaqoh di Baznas.

Sementara untuk tahun 2020, Atok menegaskan, tidak akan menaikkan target. Pihaknya lebih memilih tetap mempertahankan target tersebut. “Kita realistis, gak berani target yang muluk-muluk,” pungkasnya. (fit)