Tawon Vespa Mengancam Warga

Lumajang, Motim - Sarang tawon vespa ditemukan oleh warga di 2 titik. Pertama di sebuah tower seluler di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro. Kedua di rumah warga di Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro. Karena membahayakan dan mengancam warga, akhirnya dilaporkan ke Tim Damkar.
Sarang tawon di tower seluler
Sarang tawon di tower seluler
Tim Damkar pun segera tiba di dua lokasi tersebut. Pertama, mengevakuasi sarang tawon di tower seluler. Keberadaan tawon itu, membahayakan para pekerja yang akan membetulkan jaringan seluler tersebut.

Setelah itu Tim Damkar langsung terjun ke lokasi satunya, untuk mengevakuasi sarang tawon di rumah warga. Proses evakuasi berjalan aman dan lancar. Sekitar 2 jam, akhirnya petugas berhasil mengevakuasi sarang lebah itu.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas), Nanang Bashori menjelaskan bahwa penanganan evakuasi sarang lebah yang meresahkan warga merupakan salah satu tugas Damkar selain melakukan pemadaman kebakaran.

“Apabila ada pengaduan masyarakat terkait masalah gangguan lebah kami siap merespon aduan tersebut sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat,” jelasnya. Ada 9 personil yang mengevakuasi sarang lebah itu dilengkapi dengan 1 unit mobil pemadam. (fit)