2.429 Peserta Mengikuti Seleksi CPNS Lumajang

Lumajang, Motim - Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Lumajang menjalani tahapan ujian. Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) digelar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang.
Peserta Seleksi CPNS Lumajang di Aula BKD
Peserta Seleksi CPNS Lumajang di Aula BKD
Pelaksana Tugas Kepala BKD Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, total ada 2.429 peserta lolos administrasi yang mengikuti tahapan ini. Kemudian mereka mengikuti SKD secara bergantian yang dijadwalkan selama 6 hari, mulai 31 Januari sampai 5 Februari 2020.

“Dalam satu sesi dilaksanakan selama 90 menit. Tiap sesi ada 100 peserta,” katanya pada sejumlah wartawan, Selasa (4/2/2020).

Seleksi tersebut dilaksanakan secara ketat. Sebelum masuk ke ruang ujian, peserta melewati sejumlah pemeriksaan. Barang-barang yang tidak boleh dibawa, harus dititipkan ke petugas yang berjaga.

Taufik menjelaskan, dalam SKD ini, passing grade atau nilai ambang batas yang ditetapkan adalah 271 poin. Sementara peserta harus menyelesaikan 100 soal, tiap soal bernilai 5 poin. “Kalau betul semua ya nilainya 500,” ungkap Taufik.

Lanjutnya, ketika peserta selesai mengikuti ujian, nilainya sudah bisa langsung dilihat. Jika di bawah 271 poin, secara otomatis tidak lolos ke tahap berikutnya. Tetapi yang nilainya di atas passing grade, hanya akan diambil 3 teratas dari masing-masing formasi.

“Tiga besar dari masing-masing formasi itu akan mengikuti tahapan berikutnya yakni SKB (Seleksi Kompetensi Bidang),” katanya.

Untuk pelaksanaan SKB sendiri, akan dilaksanakan pada Maret 2020. Namun untuk jadwalnya masih belum dipastikan. “Pelaksanaan SKD dilaksanakan Maret, jadwalnya ditentukan lagi,” terang Taufik.

Seperti diketahui, pada tahun ini, total hanya ada 196 lowongan CPNS di Lumajang. Dengan rincian formasi, 59 tenaga pendidik dan 137 tenaga kesehatan. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018, lowongan yang dibuka mencapai 471 formasi. (fit)