Banjir Kembali Kepung Pemukiman Desa Rowokangkung

Lumajang, Motim - Hujan deras melanda kawasan Kecamatan Rowokangkung dan sekitarnya, Senin (14/2/2020) sore. Akibatnya banjir genangan kembali mengepung pemukiman yang berada di Desa Rowokangkung.
Banjir di Dusun Persil Banter Desa/Kecamatan Rowokangkung
Banjir di Dusun Persil Banter Desa/Kecamatan Rowokangkung
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, banjir genangan terjadi di wilayah Dusun Persil Banter. Diantaranya di RT 01, 02, 03 RW 12. Air hanya berada di jalan dan halaman rumah warga. Tak sampai masuk di rumah warga.

Hingga Selasa (25/2/2020) siang air masih belum juga surut. “Genangan air masih ada dengan ketinggian 10 hingga 60 sentimeter,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur.

Wawan menjelaskan, sebelumnya, hujan deras mengguyur Kecamatan Rowokangkung selama 5 jam. Mulai pukul 1 siang hingga 5 sore. Kemudian sungai yang ada di kawasan tersebut meluap. “Air dari Sungai Basin meluap,” katanya.

Sementara saat ini, warga masih aman di rumah masih-masing. “Karena air tak sampai ke rumah warga. Aktifitas warga juga terbilang normal,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, BPBD telah menyuplai air bersih ke sana. “Kebutuhan air bersih sudah kita suplai. Ada tandon air BPBD juga di sana,” pungkasnya. (fit)