Baznas akan Himpun Zakat dari Pengusaha Pasir

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang berencana menghimpun zakat mal dari kalangan pengusaha pasir. Karena Baznas menilai, potensi zakat dari para pengusaha pasir yang ada begitu besar.
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, pihaknya terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada para pengusaha pasir di Lumajang. Sebagai langkah awal, Baznas sudah melakukan koordinasi dengan asosiasi pengusaha pasir.

“Karena pasir ini adalah kekayaan yang diberikan cuma-cuma oleh Allah pada Lumajang. Jadi seyogyanya para pengusaha pasir ini yang penghasilannya sudah mencapai nishab agar menunaikan zakat ke Baznas,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Lanjutnya, dalam waktu dekat, Baznas akan difasilitasi oleh asosiasi pengusaha pasir untuk memberikan sosialisasi kepada pengusaha pasir yang ada di Lumajang. “Sosialisasi itu akan difasilitasi oleh mereka,” jelasnya.

Namun Ia menegaskan, tentu pihaknya akan menghimpun zakat dari para pengusaha pasir yang sudah mengantongi izin. “Kita sosialisasinya juga kepada pengusaha yang telah memiliki izin,” jelasnya.

Ia menargetkan, penghimpunan zakat dari kalangan pengusaha pasir sudah bisa terealisasi tahun ini. Baru setelah ini terealisasi, Baznas akan melakukan pendekatan ke pengusaha-pengusaha di sektor lainnya.

“Seperti pengusaha kayu dan sebagainya. Kita fokus pada pengusaha pasir dulu. Sementara untuk kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) sudah berjalan dengan baik meski belum optimal,” pungkasnya. (fit)