Hampir Semua OPD Kekurangan PNS

Lumajang, Motim - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, saat ini hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Lumajang kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Tes Penerimaan CPNS di Lumajang
Tes Penerimaan CPNS di Lumajang
Ia menyebut, hampir setiap tahun ada sekitar 400 PNS yang pensiun. Sedangkan penerimaan Calon PNS belum tentu digelar tiap tahun. Bahkan jumlah formasi yang dibuka pun tak sebanding dengan jumlah yang pensiun.

“Gak seimbang, akhirnya kita rekrut tenaga kontrak,” ucapnya. Lanjutnya, saat ini jumlah antara tenaga PNS dan kontrak di Pemkab Lumajang hampir sama. “Sama-sama ada sekitar 7 ribu,” ungkapnya.

Pihaknya juga sudah berusaha untuk melakukan efisiensi. “Misal di kantor kecamatan dulu ada 5 seksi, sekarang jadi 3 seksi,” teragnya.

Sementara tahun ini ada 196 lowongan CPNS. Dengan rincian formasi, 59 tenaga pendidik dan 137 tenaga kesehatan. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018, lowongan yang dibuka mencapai 471 formasi.

Total ada 2.429 peserta lolos administrasi yang mengikuti tahapan ini. Kemudian mereka mengikuti SKD secara bergantian yang dijadwalkan selama 6 hari, mulai 31 Januari sampai 5 Februari 2020. (fit)